Selasa, 18 Oktober 2016

'ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN GRAB SEBAGAI ALAT TRANSPORTASI ONLINE'


ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN GRAB SEBAGAI ALAT TRANSPORTASI ONLINE

TUGAS MANDIRI
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
Pemasaran Jasa
DOSEN : Tubagus Wahyudi



Nuraeni
15032043
Administrasi Bisnis

Institute Manajemen Wiyata Indonesia (IMWI)
Jalan Gudang No. 7 – 9 Kota Sukabumi 43112 Jawa Barat Indonesia
Telp. (0266) 235 717
 www.imwi.ac.id


Pada saat ini angkutan umum memiliki peranan penting dalam pembangunan perekonomian, karena berkaitan dengan distribusi barang, jasa, dan tenaga kerja, serta merupakan inti dari pergerakan ekonomi di kota.
Semakin pesatnya teknologi di zaman ini yaitu internet, memungkinkan kita mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. Contohnya adalah ojek dan taksi online. Kini, di Indonesia, terdapat sebuah layanan ojek dan taksi online yang memungkinkan calon penumpang tidak perlu datang ke sebuah pangkalan ojek atau berdiri di tepi jalan yang panas untuk menunggu taksi. Calon penumpang cukup memesan ojek atau taksi dari sebuah aplikasi di smartphone, dan transportasi tersebut akan datang menjemput.
Kehadiran transportasi online ini tentu memicu reaksi dari berbagai lapisan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan layanan transportasi tersebut. Seperti pengguna dan pengendara ojek konvensional.
Saat ini hampir di setiap tempat dapat kita jumpai ojek online atau taksi online. Kemanapun jadi lebih mudah, praktis, dan murah. Salah satu transportasi modern dengan basis online yang saat ini tengah digandrungi masyarakat luas adalah Grab. Grab menjadi salah satu transportasi umum yang hadir di Indonesia. Antusiasme masyarakat akan Grab ini sangat baik. Di lihat dari pertumbuhan bisnis Grab di Indonesia, pada semester awal 2016 sejak Grab melakukan rebrand sebagai platform penyedia layanan pemesanan kendaraan terlengkap di bulan Januari lalu.
GrabCar dan GrabBike di Indonesia tumbuh lebih dari 250 kali sejak pertengahan 2015 hingga kini, layanan penyewaan mobil pribadi dan ojek online menjadi bagian besar dari bisnis Grab secara keseluruhan, yang juga meliputi pemesanan taksi dan layanan kurir. Indonesia telah menjadi pasar terbesar Grab berdasarkan jumlah perjalanan yang diselesaikan seluruh platform. Grab secara khusus memfokuskan bisnisnya di Jakarta, yang didiami oleh lebih dari 30 juta penduduk dimana Grab memberikan layanan ojek, penyewaan mobil pribadi dan pemesanan taksi online. Grab menawarkan pilihan layanan pemesanan kendaraan terbanyak di sebagian besar pasar di Asia Tenggara, yang telah diunduh di lebih dari 17 juta perangkat dan 320,000 pengemudi di 30 kota di seluruh Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand dan Vietnam.   (dikutip dari www.grab.com)




Cara pemesanan Grab :

1.     Download aplikasi Grab di Play atau App store, lalu lakukan aktivasi
2.     Pilih ikon layanan Grab
3.     Masukan lokasi penjemputan dan pengantaran
4.     Tekan ‘Book’
5.     Setelah dapat pengemudi, pengguna dapat menunggu hingga pengemudi datang.

Tarif Grab

Grab memberlakukan tarif berdasarkan jarak dan tarif minimum. Tarif per kilometer Grab adalah Rp. 1.500. namun Grab memberlakukan tarif minimum sebesar Rp. 10.000. dengan demikian, jika biaya yang muncul dibawah Rp. 10.000, maka pengguna wajib membayar tarif minimum yaitu Rp. 10.000. Grab juga mengenakan skema biaya tambahan pada jam-jam sibuk, yaitu sebesar Rp. 5.000.


Beberapa kelebihan dan kekurangan Grab dibanding dengan transportasi online yang lainnya adalah sebagai berikut :

Kelebihan Grab

1.      Grab memiliki layanan yang baik yaitu driver ojek, driver car, driver taksi tercepat dan grab express untuk mengirim paket atau dokumen dengan layanan karir.
2.      Jumlah pengemudi terbesar se-Asia Tenggara dan termasuk Indonesia.
3.     Grab  memberlakukan sistem tarif flat. Jadi harga perjalanan akan ditentukan di awal, dan pelanggan tidak perlu berkeringat bila terjebak macet yang lama karena harganya tetaplah sama. 
4.    Pengemudi yang sudah terlatih dan adanya kerja sama dengan pihak keamanan dengan pemerintah.
5.     Adanya asuransi kecelakaan untuk menjamin pelanggan Grab.
6.     Mempermudah pembayaran baik secara tunai, kartu kredit dan mobile wallet.
7.    Secara user interface, GrabCar memiliki desain yang lebih elegan dibandingkan dengan taksi lainnya.
8.   Sistem pemesanan Grab lebih mudah.

       Kekurangan Grab

1.     Banyak keluhan dari pelanggan yang kurang ditanggapi.
2.  Cara aplikasi ini menemukan lokasi tidak efektif karena jangkauan mesin pencarian terlalu luas.
3.  Drivernya belum sebanyak Go-jek.

Jika dibandingkan, kepopuleran transportasi online antara Grab, Uber, dan Go-jek, maka yang paling popular adalah Go-jek. Go-jek bisa dibilang salah satu pioneer ojek online di Indonesia karena Go-jek itu sendiri asli buatan Indonesia, jenis pelayanan ada banyak sesuai dengan kebutuhan (GoSend, GoGlam, GoFood, dan lain-lain),  dan Jika pelanggan punya keluhan via Twitter, admin Go-jek siap merespon dengan cepat.
Maraknya transportasi online dapat memudahkan masyarakat untuk menjalani kegiatannya. Namun sayangnya transportasi online ini tidak berada di seluruh wilayah Indonesia. Hanya berada di beberapa kota tertentu saja transportasi online ini beroperasi. Contohnya seperti di Kota Sukabumi, transportasi online seperti Grab, Uber, dan Go-jek tidak beroperasi disini karena masyarakat akan cenderung lebih memilih angkutan umum atau ojek pengkolan yang relatif lebih murah dibanding dengan transportasi online tersebut. Ditambah masyarakat Kota Sukabumi kurang memahami teknologi modern khususnya daerah pedesaan yang masih melakukan segala kegiatan dengan cara tradisional.

Demikian artikel ini saya buat dan semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.



2 komentar:

  1. HANYA di Judi Poker Online P'O'K'E'R V`1`T`A KEMENANGAN ANDA 100% AKAN DIBAYARKAN ATAUPUN KEMBALIKAN DANA YANG ANDA MENANGKAN, BERAPAPUN NILAI NOMINAL TERSEBUT
    BAHKAN HINGGA RATUSAN JUTA !!!

    P'O'K'E'R V`1`T`A Menyediakan BONUS-BONUS Untuk ANDA Diantaranya :
    -BONUS REFERRAL 15% (SEUMUR HIDUP/SETIAP SENIN )
    -BONUS CASHBACK TUROVER ( SETIAP HARI )
    -NO ROBOT,NO ADMIN
    -Proses Deposit dan Withdraw Dengan Cepat
    -Dilayani CS Yang Ramah Dan Profesional
    -Menyediakan 5 bank lokal : BCA,BNI,BRI,MANDIRI, DAN DANAMON

    WA: 0812.2222.996
    BBM : PKRVITA1 (HURUF BESAR)
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    Festival Poker 2019

    BalasHapus
  2. Kelemahannya itu terlalu percya ke costumer jika sewaktu grab di jatuhkan pasti bakal hancur stinggi atau sebesar itu perusahaan pasti bisa hancur jika waktunya :)

    BalasHapus